Pengaruh Internet di Kalangan Remaja

      Oleh: Firyal Aulia Rahman

Sumber: huffingtonpost.de
        Internet berasal dari kata International Networking yang artinya jaringan yang terhubung di seluruh dunia. Ini berarti bahwa internet merupakan sebuah jaringan raksasa yang menghubungkan individu dengan individu lain, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok, yang mana melewati batas-batas wilayah, negara, bahkan benua. Fungsi utama dari internet adalah sebagai alat komunikasi dan sebagai sarana sumber informasi.
            Penggunaan internet di abad informasi ini sudah menjadi hal yang biasa, bahkan bisa dikatakan sebagai kebutuhan. Bagaimana tidak? Setiap hal yang berkaitan dengan kehidupan kita hampir semuanya membutuhkan internet, tidak terkecuali pada kehidupan para remaja. Remaja dan internet bagaikan dua hal yang sulit untuk dipisahkan karena dengan adanya internet ini kehidupan para remaja akan semakin sempurna. Remaja yang dekat dengan internet memiliki kecenderungan berwawasan luas dan berpikiran terbuka. Hal ini disebabkan banyaknya informasi yang tersedia, baik ilmu pengetahuan ataupun hal-hal lainnya. Tidak terbatas pada itu saja, internet juga menyediakan beragam fasilitas, salah satunya adalah sosial media yang sekarang ini sedang menjadi trend gaya hidup baru. Contohnya adalah Facebook, Twitter, Instagram, Line, Path, Youtube, Soundcloud, dan lain-lain. Selain itu, kita juga dapat bermain game online, mengunduh, mengunggah, dan segala fasilitas lain yang dapat memudahkan kehidupan. Dengan begitu banyaknya keistimewaan yang dimiliki internet, tidak mengherankan jika internet menjadi kehidupan kedua setelah kehidupan nyata. Para remaja juga biasanya mengandalkan internet dalam mencari bahan pelajaran. Alasannya sederhana, karena internet sangat praktis dibandingkan mencari materi yang ada di buku teks. Kita tinggal mengetik kata kunci yang ingin dicari, selanjutnya jutaan informasi akan tersaji di depan mata.
            Disamping sejuta pesona yang ditawarkan internet, terdapat juga sejuta ancaman yang dapat mengancam para penggunanya, terutama para remaja yang selalu ingin tahun dan ingin mencoba. Seperti yang kita ketahui, bahwa semua informasi dapat diakses dengan mudah, tidak terkecuali dengan hal-hal yang negatif, salah satunya adalah pornografi. Selain itu, penggunaan sosial media memang benar dapat menambah jumlah pertemanan di dunia maya, namun bagaimana dengan pertemanan di dunia nyata? Sadarkan kita bahwa hal ini berarti mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Kehidupan sosial kita akan menjadi kurang baik dan pada akhirnya interaksi sosial dalam kehidupan nyata akan menjadi hal yang asing. Ini jelas sangat merugikan mengingat manusia adalah makhluk sosial. Dampak buruk lain yang ditimbulkan adalah kita akan sering terpapar radiasi gelombang elektromagnetik akibat dari penggunaan gawai sebagai media yang digunakan untuk berinternet sehingga bisa merugikan kesehatan.

            Berdasarkan sejuta informasi dan ancaman yang tersedia dalam internet, sudah sepatutnya kita harus bijak dalam menggunakan internet tersebut, terutama para remaja yang rentan terbawa hal-hal negatif mengingat kondisi psikologisnya yang masih belum bisa memilah-milah mana informasi yang benar-benar dibutuhkan. Boleh kita menggunakan internet, tetapi harus dalam porsi yang seimbang. Pilah dan pilihlah segala informasi yang terdapat dalam internet. Informasi positifnya kita ambil, sedangkan informasi yang negatif kita hindari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengolahan Limbah pada PT Sinar Sosro

14 Asas Ilmu Lingkungan

Kisah Kasih di Sekolah