Kegemaran Membaca di Kalangan Generasi Muda

Oleh: Firyal Aulia Rahman

Sumber: Getty Images
          Membaca adalah suatu kegiatan menggali informasi dari sumber tertulis. Membaca dapat dilakukan dimana pun, kapan pun, dan melalui media apa pun. Dengan membaca berarti kita telah membuka jendela dunia, karena semakin banyak kita membaca, maka semakin luas pula wawasan yang kita dapatkan.
   Semua orang dapat membaca, baik tua maupun muda, miskin maupun kaya, pelajar maupun pekerja. Generasi muda sebagai ujung tombak bangsa haruslah gemar membaca, sebab ide-ide yang cemerlang biasanya terlahir dari pemikiran-pemikiran para kaum muda. Ide tersebut dapat tercipta jika para kaum muda memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, serta pemikiran yang kritis terhadap suatu isu sehingga diharapkan ide-idenya tersebut dapat menjadi solusi untuk kemajuan bangsa.
            Dewasa ini, kegemaran membaca di kalangan generasi muda mulai menunjukkan penurunan yang cukup signifikan. Salah satu faktor penyebabnya karena bersaingnya ‘aksesoris remaja’ di era globalisasi ini. Dalam mengisi waktu luang, mereka lebih memilih teknologi yang canggih seperti gawai (gadget) dengan segala fasilitas-fasilitas menarik di dalamnya, seperti permainan, sosial media, dan lain-lain. Hal tersebut seperti sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh para remaja. Sebagai contoh, pada saat bangun tidur hal pertama yang mereka cari adalah gawainnya. Padahal aktivitas yang mereka lakukan sangatlah tidak penting, seperti mengecek linimasa (timeline), memberi tanda suka ataupun berkomentar pada status orang lain di sosial media. Jika keadaan ini terus berlanjut bahkan mengakar menjadi sebuah tradisi baru remaja masa kini, maka bagaimana nasib bangsa ke depannya jika yang menjadi pilotnya saja (baca: generasi muda) sudah tidak tertarik untuk menggali informasi dan berpikir kritis?
        Untuk itu, perlu ada perhatian khusus dari generasi muda itu sendiri untuk lebih meningkatkan kegemaran membaca. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia untuk menggali lebih dalam informasi yang bersifat edukatif dan informatif dan menjadikan kegiatan membaca adalah suatu hal yang menyenangkan. Jadi, mulai sekarang mari galakkan budaya membaca!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengolahan Limbah pada PT Sinar Sosro

14 Asas Ilmu Lingkungan

Kisah Kasih di Sekolah