Perkembangan Teknologi dan Dampak Sosial yang Ditimbulkan

            Sejak dahulu teknologi merupakan sebuah alat yang mampu memberikan manfaat dan membantu tugas-tugas manusia. Mulai dari membuat sebuah laporan, penghitungan keuangan, hingga menjadi sebuah alat untuk membantu peperangan. Pada zaman sekarang, teknologi sudah tidak menjadi sebuah hal yang asing ataupun menjadi sebuah hal yang bersifat ekslusif dan mewah, hampir setiap orang diseluruh dunia sudah mengenal dan memiliki teknologi.
            Dahulu, komputer merupakan sebuah barang mewah yang mungkin hanya beberapa orang dengan kemampuan berlebih serta beberapa perkantoran saja yang mampu memilikinya. Namun kini, hampir di setiap ruangan di instansi dan di setiap rumah telah tersedia PC (Personal Computer). Bahkan tidak sedikit, komputer-komputer tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas internet. Di era modern ini pula komputer telah berubah bentuk menjadi lebih sederhana dan lebih kecil yang mana tidak mengurangi fasilitas-fasilitas yang ada pada komputer yang sesungguhnya yaitu PC. Bahkan, semua perangkat-perangkat keras komputer tersebut memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap.

Dampak-dampak yang Ditimbulkan oleh Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi
            Tanpa kita sadari, perkembangan teknologi  yang begitu cepatnya juga memiliki dampak-dampak yang cukup besar pada manusia sebagai pembuat dan pengguna. Baik itu dari segi positif maupun dari segi negatif yang ditimbulkan. Misalkan saja, dahulu untuk membuat sebuah gambar rancang bangun para pekerja harus menggambar secara manual di kertas. Kini semua itu cukup dilakukan dengan sebuah komputer yang di lengkapi aplikasi pendukung yang semua itu akan menghasilkan sebuah gambar yang persis sama dengan menggambar menggunakan bahkan lebih bagus. Namun, sangat disayangkan perkembangan teknologi  informasi dan komunikasi juga memberikan dampak negatif. Seperti, semakin mudahnya penyebaran pornografi melalui media gambar dan film, yang semua itu bisa dengan mudah dijumpai menggunakan internet.
Dalam hal sosial, TIK sendiri memiliki dampak yang sangat terlihat dengan jelas namun tanpa sedikit dari mereka yang menyadarinya.

1. Kesenjangan Sosial yang Mulai Hilang dan semakin Akrabnya Manusia dengan Benda Mati
     Semakin orang tersebut mengenal teknologi seperti smartphone, tablet, PC, maka akan semakin ia lebih mencintai gawai-gawai tersebut. Sekalipun gawai tersebut mampu mempertemukan dan menghubungkan kita dengan teman-teman lama yang mungkin berada dilokasi yang sangat jauh dari kita, namun sangat tidak etis ketika ia rela berkomunikasi atau asyik dengan gawai-gawainya, sementara ia lupa dan tidak memperdulikan siapa orang yang berada tepat disampingnya. Biasanya penyakit ini biasa dengan sebutan “Menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh”.

2. Ketergantungan
     Jika kita melihat setiap orang yang sudah sangat dekat dengan teknologi, ia sulit bahkan tak pernah bisa melepas teknologi  tersebut dari tubuhnya. Seolah-olah ia tak bisa hidup tanpa adanya teknologi tersebut. Hal inilah yang membuat manusia menjadi selalu ketergantungan terhadap teknologi dan membuat mereka menjadi enggan untuk berkomunikasi dengan keadaan sosial sekitarnya dan lebih memilih untuk berinteraksi dengan teknologi yang dimilkinya. Biasanya hal ini disebut dengan “Hilangnya sensitifitas terhadap lingkungannya (Antisocial Behavior)”.

3. Malas dan Manja
     Tanpa kita sadari perkembangan teknologi  informasi dan komunikasi juga bisa memiliki dampak terhadap perubahan sifat manusia. Kita semua tahu bahwa dengan datangnya teknologi yang terus berkembang, itu akan menjadikan manusia bisa melakukan semua aktifitasnya dengan teknologi terebut. Hal ini bila telah dibiasakan sejak kecil akan membuat manusia tersebut menjadi malas. Contohnya seperti perhitungan matematika yang kini cukup dengan kalkulator, pencarian tugas yang cukup dengan klik bisa mendapatkan informasi yang diinginkan. Sifat malas ini juga bisa berakibat fatal terhadap lingkungan sekitarnya. Ia akan sulit diterima pada lingkungan karena sifat malasnya tersebut.

4. Perubahan Tingkah Laku, Sikap, dan Psikologis
     Menyambung dari pembahasan pada poin kedua dan ketiga. Teknologi Informasi dan Komunikasi juga memberikan dampak pada psikologis seseorang. Tidak sedikit orang-orang yang sudah ketergantungan dengan teknoogi, ia akan menjadi kaku untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

            Dari beberapa dampak sosial teknologi informasi dan komunikasi yang telah kita ketahui dari penjelasan di atas. Maka selayaknya kita sebagai manusia yang mau tidak mau akan bersentuhan dan berinteraksi dengan teknologi, lebih mengerti maksud dan kegunaan dari teknologi yang sesungguhnya sehingga kita tidak dikendalikan teknologi melainkan kita yang mengendalikan teknologi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengolahan Limbah pada PT Sinar Sosro

14 Asas Ilmu Lingkungan

Kisah Kasih di Sekolah